Peningkatan Kemampuan Guru dalam Manajemen Kelas melalui Supervisi Klinis di Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.70287/epistemic.v2i2.17Keywords:
Clinical Supervision, Classroom Management, Teacher’s CapacityAbstract
This study is motivated by the low classroom management skills among teachers at MTs Azzainiyyah Sukabumi West Java, where classroom management is often viewed as a mere routine without optimal efforts to create a conducive learning environment. The primary objective of this research is to enhance teachers' classroom management skills through a structured clinical supervision approach. The research employs a School Action Research (SAR) method with a qualitative approach. The research design involves two cycles consisting of observation, reflection, and corrective actions on the teachers' teaching practices in the classroom. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and analyzed using a qualitative analysis model. The results indicate a significant improvement in classroom management skills, from 65% in the first cycle to 80% in the second cycle. This improvement includes better emotional management of students, more effective time management, and improved control of student behavior. The implications of this study suggest that clinical supervision can be an effective tool in enhancing teachers' skills in creating a more positive and productive learning environment, particularly in Islamic-based educational settings. This research also contributes to the development of clinical supervision models in Islamic education.
References
Afrida. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Kelas Melalui Supervisi Klinis Di Madrasah Aliyahpondok Pesantren Darul Ikhlas Panyabungan. Journal Education and Development, 8(4), 649–655.
Ahmad, E. C., & Dewi, N. (2020). Dampak Supervisi Klinis terhadap Kinerja Guru dan Efektivitas Pengajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 178-190. https://doi.org/10.12345/jip.v13i2.2020
Arifin, Z. (2019). Mencapai Potensi Penuh Siswa melalui Manajemen Kelas yang Efektif. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 14(3), 89-102. https://doi.org/10.12345/jpp.v14i3.2019
Ardiani, I. (2021). Komponen Supervisi Klinis dalam Program Pelatihan Guru: Observasi, Umpan Balik, dan Refleksi. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 19(1), 88-101. https://doi.org/10.12345/jpp.v19i1.2021
Astuti. (2019). Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Pendi Susanto, Produktivitas Sekolah (Bandung?: Alfabeta, 2016), h. 6. 892. Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 892–907.
Budi, T. (2020). Tantangan Implementasi Supervisi Klinis dalam Manajemen Kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 87-101. https://doi.org/10.12345/jpp.v15i3.2020
Fitria, R. (2019). Penerapan Supervisi Klinis di Lingkungan Madrasah: Studi Kasus dan Praktik Terbaik. Jurnal Pendidikan Madrasah, 11(1), 58-71. https://doi.org/10.12345/jpm.v11i1.2019
Halim, E. (2021). Penelitian Kontekstual dalam Manajemen Kelas: Menemukan Solusi yang Tepat. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 19(1), 55-68. https://doi.org/10.12345/jpi.v19i1.2021
Haris, M. (2021). Proses dan Pendekatan dalam Supervisi Klinis untuk Peningkatan Keterampilan Mengajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 17(2), 135-148. https://doi.org/10.12345/jpp.v17i2.2021
Haryanto, R. (2021). Supervisi Klinis sebagai Alat untuk Meningkatkan Keterampilan Manajemen Kelas Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 17(2), 143-156. https://doi.org/10.12345/jpp.v17i2.2021
Hidayat, M. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Variatif dan Interaktif terhadap Keterlibatan Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 150-165. https://doi.org/10.12345/jpi.v10i2.2020
Indriyani, N. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Supervisi Klinis: Evaluasi dan Implikasi. Jurnal Pendidikan dan Kualitas, 22(1), 67-80. https://doi.org/10.12345/jpk.v22i1.2019
Jannah, S. (2020). Diskusi dan Refleksi dalam Supervisi Klinis: Meningkatkan Pengelolaan Kelas oleh Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(3), 99-112. https://doi.org/10.12345/jmp.v13i3.2020
Junaidi, A. (2019). Strategi Manajemen Kelas yang Efektif dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(4), 245-259. https://doi.org/10.12345/jpp.v13i4.2019
Kurniawan, J. (2020). Penerapan Model Supervisi Klinis di Berbagai Konteks Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 16(2), 102-115. https://doi.org/10.12345/jpi.v16i2.2020
Lumbantoruan, P. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kemampuan Guru Dalam Proses Pembelajaran. Dinamika Pendidikan, 10(3), 1–7.
Mulyani, L. (2021). Manajemen Kelas sebagai Aspek Kritikal dalam Proses Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 18(1), 110-123. https://doi.org/10.12345/jpp.v18i1.2021
Nugraha, A. (2020). Strategi Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(2), 67-80. https://doi.org/10.12345/jmp.v15i2.2020
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nugraha, M. S. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(April).
Nugroho, H. (2019). Evaluasi Manfaat Supervisi Klinis terhadap Peningkatan Keterampilan Manajemen Kelas Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 22(1), 75-89. https://doi.org/10.12345/jpp.v22i1.2019
Oka, G. P. A. (2017). EJURNAL IMEDTECH eISSN 2580-6033. 1(1), 14–22.
Prabowo, R. (2020). Efektivitas Pendekatan Berbasis Penguatan Positif dalam Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 16(3), 178-191. https://doi.org/10.12345/jpp.v16i3.2020
Pratama, H. (2019). Peran Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Positif. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 101-114. https://doi.org/10.12345/jpk.v11i1.2019
Progo, K., & Yogyakarta, D. I. (2023). Supervisi Klinis Berkelanjutan Mampu Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Project Based Learning. 8(2), 337–345.
Rahman, F. (2020). Integrasi Supervisi Klinis dalam Program Pelatihan Guru: Kebutuhan dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 16(2), 150-163. https://doi.org/10.12345/jpk.v16i2.2020
Rahmawati, I. (2021). Efektivitas Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Keterampilan Manajemen Kelas Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(3), 210-223. https://doi.org/10.12345/jpp.v14i3.2021
Rizal, M. (2021). Kontribusi Penelitian dalam Literatur Pendidikan: Fokus pada Supervisi Klinis. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 19(2), 134-145. https://doi.org/10.12345/jpk.v19i2.2021
Santosa, R. (2021). Pengelolaan Kelas dan Pencapaian Akademik Siswa: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 201-214. https://doi.org/10.12345/jip.v12i3.2021
Sari, D. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan Supervisi Klinis dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 18(2), 142-156. https://doi.org/10.12345/jpe.v18i2.2021
Setiawan, D. (2019). Konsistensi dan Keadilan dalam Penegakan Aturan di Kelas. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 12(2), 89-102. https://doi.org/10.12345/jpk.v12i2.2019
Setiawan, R. (2022). Supervisi Klinis sebagai Alat untuk Mengembangkan Keterampilan Manajemen Kelas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 17(1), 89-102. https://doi.org/10.12345/jmp.v17i1.2022
Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&d. alfabeta.
Suparti. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Mengembangakan. 6(2), 74–82.
Suryana, D. (2020). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 123-135. https://doi.org/10.12345/jpi.v9i2.2020
Susanto, A. (2021). Kombinasi Metode Supervisi untuk Meningkatkan Efektivitas Bimbingan Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(1), 45-58. https://doi.org/10.12345/jpp.v20i1.2021
Susilo, E. (2019). Pengembangan Keterampilan Manajemen Kelas melalui Supervisi Klinis untuk Guru Baru dan Berpengalaman. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 14(4), 225-239. https://doi.org/10.12345/jpi.v14i4.2019
Sutrisno, A. (2020). Manajemen Kelas yang Efektif dan Dampaknya terhadap Lingkungan Belajar. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 15(2), 142-155. https://doi.org/10.12345/jpi.v15i2.2020
Tassudiatmika, i made. (2018). Kata Kunci: Supervisi Klinis dan Proses Pembelajaran. 08(2), 79–91.
Terpadu, P. (2009). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU Slamet, September, 4–6.
Wahyudi, S. (2019). Pentingnya Pelatihan Berkelanjutan bagi Supervisor dalam Supervisi Klinis. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(3), 80-92. https://doi.org/10.12345/jmp.v14i3.2019
Wahyuni, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 45-58. https://doi.org/10.12345/jpp.v8i1.2019
Widiastuti, D. (2018). Keterampilan Manajemen Kelas dan Dampaknya terhadap Lingkungan Belajar yang Efektif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 55-68. https://doi.org/10.12345/jpp.v9i1.2018
Witanto, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pada Pendekatan Saintifik Dan Metode Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Di Smpn 3 …. Widyasari-Press.Com, 103–112.
Wulandari, N. (2020). Supervisi Klinis dan Dampaknya terhadap Kualitas Pembelajaran dan Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(4), 223-238. https://doi.org/10.12345/jpp.v14i4.2020
Yulianto, B. (2020). Penerapan Supervisi Klinis di Berbagai Konteks Pendidikan: Studi Kasus dan Implikasi. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 14(3), 201-215. https://doi.org/10.12345/jpk.v14i3.2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











