Pengembangan Program Ekstrakurikuler Kreatif dan Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK
Development of Creative and Innovative Extracurricular Programs to Enhance Vocational High School Students’ Learning Interest
DOI:
https://doi.org/10.70287/epistemic.v1i2.76Keywords:
Program Development, Extracurricular , Creative, Innovative, Interest in LearningAbstract
This study examines the development of creative and innovative extracurricular programs to enhance students' learning interest at SMK Al-Falah Nagreg Bandung. In the modern era, the decline in learning interest at the vocational high school level is a major concern. The research aims to identify the impact of these extracurricular programs on students' learning interest and formulate recommendations for improving education at SMK Al-Falah Nagreg Bandung. Using a qualitative field approach, data were collected through interviews, observations, and document analysis. The findings show that the creative and innovative extracurricular programs have positively influenced students' learning interest, leading to increased engagement, creativity, social involvement, and academic achievement. Recommendations include further development of the extracurricular programs, instructor training, regular evaluation, parental and community involvement, and sharing research findings with other schools. The study aims to guide SMK Al-Falah Nagreg Bandung in improving education quality and motivating students to actively participate in the learning process. Furthermore, successful implementation of these programs can serve as a model for other vocational high schools facing similar challenges in student engagement.
Keywords: Program Development, Extracurricular, Creative, Innovative, Interest in Learning.
Abstrak:
Penelitian ini membahas pengembangan program ekstrakurikuler kreatif dan inovatif sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMK Al-Falah Nagreg Bandung. Dalam konteks pendidikan di era modern, penurunan minat belajar di tingkat sekolah menengah kejuruan menjadi perhatian utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak program ekstrakurikuler tersebut terhadap minat belajar siswa dan merumuskan saran-saran untuk perbaikan pendidikan di SMK Al-Falah Nagreg Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ekstrakurikuler kreatif dan inovatif telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Siswa yang terlibat dalam program tersebut melaporkan peningkatan minat belajar, pengembangan kreativitas, peningkatan keterlibatan sosial, dan pencapaian akademik yang lebih baik. Saran yang diusulkan meliputi pengembangan lebih lanjut program ekstrakurikuler, pelatihan instruktur, evaluasi rutin, partisipasi orang tua dan masyarakat, serta berbagi hasil penelitian dengan sekolah-sekolah lain. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi SMK Al-Falah Nagreg Bandung dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memotivasi siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar.
Kata Kunci: Pengembangan Program, Ekstrakurikuler, Kreatif, Inovatif, Minat Belajar.
References
Abidin, A. M. (2018). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MELALUI METODE PEMBIASAAN. 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185
Amirzan, M. Y. (2020). Tanggapan Siswa Terhadap Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Dalam Pengembangan Prestasi Dan Potensi Diri. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(1). https://doi.org/10.47647/jsh.v2i1.139
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. JURNAL PRESTASI, 2(4). https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913
Burhanuddin, A. (2021). Konsep dan Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. In Afidburhanuddin.Files.Wordpress.Com.
Dr. Muhammad Ramdhan, Spd., M. . (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara (CMN).
Firman, M., Septiana, T., Maulana Sudirman, I., & STKIP PGRI Sukabumi, D. (2021). Mengembangkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek: Memotivasi Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Dan Kolaboratif. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1300–1306. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/21182
Fronika, S., Huljannah, M., Prayudha, A., & Noviyanti, S. (2022). Meningkatkan Kreatifitas Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Di sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4471
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3). https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.73
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED?: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859
Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik.
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Peraturan Pemerintah RI. (1989). No.2 Tahun 1989 Tentang Standar Pendidikan Nasional. 1, 17. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/46794/uu-no-2-tahun-1989
Puspita, D. G., & Andriani, D. E. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Dan Permasalahannya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1734
Rahmah, E. W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan (Santri Kalong)dalamMembentuk Moral Siswa MTsManba’ul Hikmah Gedongan Kecamatan PangenanEva Wardatur Rahmah1?1IAI Bunga Bangsa CirebonEmail ra.pdf. Permata?: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1). https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata/article/view/248
Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391
Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. MANAZHIM, 3(1), 110–126. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1075
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sastrawan, K. B. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Perencanaan Mutu Strategis. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2). https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.763
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). In Bandung: Alfabeta.
Suharni, S. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol. 4(1).
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Tayibnapis, A. Z., Wuryaningsih, L. E., & Tn, R. G. (2019). Pentingnya Inovasi Dan Kreatifitas Era Teknologi Digital. Senima 4. https://doi.org/10.31227/osf.io/rkyhf
Tridiana, R., & Rizal, F. (2020). Keterampilan Guru Abad 21 Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25268
Wati, D. A., Pranawa, S., & Rahman, A. (2020). UPAYA PENGEMBANGAN SOFT SKILL SISWA SMA MELALUI PRAMUKA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2). https://doi.org/10.21009/pip.342.6
Widyaningrum, H. K., & Rahmanumeta, F. M. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan. Proceedings Infernational Seminar FoE (Faculty of Education), 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PIS-FoE/article/view/98
Zainal Arifin. (2019). Evaluasi Pembelajaran?: Prinsip, Teknik, Prosedur. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. PT Remaja Rosdakarya.
Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2). https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











