Evaluasi Efektivitas Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menggunakan Model CIPP di Sekolah Menengah Atas Swasta

Authors

  • Triska Riyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70287/epistemic.v3i1.80

Keywords:

CIPP Model, Evaluation, Financial Management

Abstract

Education is one of the main pillars in sustainable national development. Effective financial management in schools is crucial to ensuring the quality of education, especially in private schools that often face challenges in managing resources. This study aims to evaluate the effectiveness of educational financial management at SMA PGRI Rancaekek using the Context, Input, Process, Product (CIPP) model. The research methodology is descriptive quantitative, with data collected through observations, questionnaires, and interviews with 50 purposively selected respondents. The findings reveal that the "Process" category achieved the highest score (82.10%), while the "Context" category had the lowest score (74.43%). These results indicate that although the financial management implementation is functioning well, external support and policy frameworks still need improvement. This research contributes to the educational management literature by offering new insights into the application of the CIPP model in private schools. The implications of this study include recommendations for enhancing policies and financial management practices in other private schools, which could ultimately strengthen the overall quality of education.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Quran, Surah Al-Mujadila (58:12-13). (2010). Terjemahan oleh Abdullah Yusuf Ali. Madinah: Dar al-Mazhari.

Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan pendidikan: Meneguhkan legitimasi dalam berkontestasi di bidang pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Effendi, M. (2021). Pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan citra lembaga di lembaga pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39-51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40

Fahyuni, E. F., & Oktafia, R. (2020). Buku ajar konsep pembiayaan pendidikan Islam. Umsida Press.

Fatimah, S. W., & Sohidin. (2008). Efektivitas pengelolaan dana pendidikan dalam rangka penerapan manajemen berbasis sekolah. Majalah Ilmiah Pengetahuan Sosial, 7(2), 141-150. https://www.semanticscholar.org/paper/EFEKTIVITAS-PENGELOLAAN-DANA-PENDIDIKAN-DALAM-TAHUN-Fatimah-Witurachmi/04027a130014592aa90b7e560e8ac781d8e1f4b5?utm_source=direct_link

Fadlia, W. (2018). Implementasi manajemen pembiayaan dalam pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran di MTs Islamiyah Suluh Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Firdaus, A. (2018). Penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penerbitan Gre.

Ferdi, W. P. (2013). Pembiayaan pendidikan: Suatu kajian teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 565-578. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310

Indriyanti, A. (2018). Peningkatan mutu dalam manajemen SDM untuk daya saing perguruan tinggi di era globalisasi. Prima Ekonomika, 8(1), 10-18.

Karding, A. K. (2008). Evaluasi pelaksanaan program bantuan operasional sekolah (BOS) sekolah menengah pertama negeri di Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi program pendidikan perspektif model CIPP (konteks, input, proses, produk). GHAITSA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 19-25. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v5i3.168

Kompri, M. P. I. (2017). Standardisasi kompetensi kepala sekolah: Pendekatan teori untuk praktik profesional (Edisi Pertama). Kencana.

Mawardi, A. D. (2019). Evaluasi pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kebun Bunga 6 Banjarmasin Timur menggunakan model CIPP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(2), 15-24.

Mawardi, A. D., & Fadliah, R. (2020). Evaluasi pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kebun Bunga 6 Banjarmasin Timur menggunakan model CIPP. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 1-10.

Matin. (2014). Manajemen pembiayaan pendidikan: Konsep dan aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. Universitas Negeri Medan.

Mutiara, C. A. H. (2018). Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (Studi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung). Universitas Lampung.

Nanang Fatah. (2009). Ekonomi dan pembiayaan pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pontoh, J., Ilat, V., & Manossoh, H. (2017). Analisis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada satuan pendidikan dasar di Kota Kotamobagu. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing "Goodwill", 8(2), 45-58.

Permendikbud No 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.

Putera, F. W. (2013). Pembiayaan pendidikan: Suatu kajian teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 565-578.

Sakti, A., & Hidayat, A. (2019). Manajemen sumber dana dan alokasi pembiayaan pada pesantren mahasiswa. Jurnal Perspektif, 3(2), 120-133.

Sukma, A. H. B., & Nasution, A. M. (2022). Manajemen keuangan sekolah dalam pemenuhan sarana prasarana pendidikan di Bekasi. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 45-57.

Sumarsono, R. B., Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D. E., & Gunawan, I. (2019). Opportunities for the implementation of school-based management in the eastern area of Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 100-110.

Setiawati, S. (2019). Evaluasi prosedur pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) dalam menilai efektivitas dana pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Auladi Depok. Jurnal Lentera Akuntansi, 4(2), 60-79.

Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2020). Pembiayaan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 266-280.

Suroto, S. (2023). Mengoptimalkan layanan pendidikan di sekolah menengah kejuruan melalui perencanaan strategis sistem informasi. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(3), 245-261.

Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Al Idrus, S. W., Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S. (2022). Literature review: evaluasi keterlaksanaan kurikulum 2013 menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220-7232.

Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Riyanti, T., & Nugraha, M. S. (2024). Evaluasi Efektivitas Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menggunakan Model CIPP di Sekolah Menengah Atas Swasta. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 97–112. https://doi.org/10.70287/epistemic.v3i1.80

Citation Check